Sunday, 26 June 2016

20:02:00
Panama Canal
 
Terusan Panama adalah sebuah terusan yang memotong tanah genting panama sepanjang 82 km, yang memotong Amerika Utara dan Amerika Selatan serta menghubungkan Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik. Terusan ini memotong waktu tempuh kapal laut karena tidak perlu memutar lewat ujung selatan dari Amerika Selatan.

Pembangunan jalur baru kanal pada terusan panama yang telah diperbarui luasnya sejauh 77km (48 mil), yang telah lama dilakukan yaitu dimulai dari tahun 2007 dan dijadwalkan selesai pada tahun 2014 lalu namun sedikit tertunda. Saat ini telah bisa dilalui bagi kapal-kapal yang biasanya memang menggunakan jalur ini, baru-baru ini sebuah kapal kontainer Cina telah menjadi kapal pertama yang berlayar melalui Panama Canal yang baru tersebut, ribuan kapal-kapal berkumpul yang disebut Cosco Shipping Panama, masuk dari samudera Atlantik yang akan meneruskan perjalanannya ke samudera Pasifik.

Kapal Kontainer Cina yang sedang melintasi perdana Kanal Panama

Namun akibat dari adanya pemogokan dan sengketa dengan masalah biaya yang diperkirakan sebesar $ 5.2bn (£ 3.8bn) ini mengakibatkan tertundanya proyek perluasan tersebut. Disamping itu pula Perluasan Terusan Panama ini juga menghadapai permasalahan dengan keamanannya. Canal Asli pada terusan Panama ini pertama kali digunakan pada bulan Agustus tahun 1914 yang dibangun oleh AS dan akhirnya diserahkan pengontrolannya pada daerah lokal pada tahun 1999.

Ekspansi baru kemungkinan akan terus dilakukan mengingat banyaknya kapal-kapal kontainer besar yang terus menggunakan jalur ini. Dalam seharinya terdapat sekitar 35 sampai dengan 40 kapal yang melakukan transit pada jalur air ini. Panama berharap dengan melakukan ekspansi baru ini akan dapat meningkatkan pendapatan mereka dari kanal tersebut, menurut data yang dilaporkan pada tahun 2015 yang lalu sumber pendapatan yang masuk dari canal tersebut adalah sebesar $ 2,6 miliar (£ 1,9 miliar).

Ribuan orang melihat perjalan perdana dari kapal kontainer Cina

Namun pada saat masa yang akan datang kemungkinan bisa saja canal panama ini akan menghadapi persaingan dari sebuah terusan baru yang saat ini masih terus dibangun yang berada di Nikaragua. Menurut rencananya, mulai tahun 2019, kapal-kapal kontainer akan mulai melalui terusan ini yang dapat membawa sekitar 416 juta ton kargo. Dan Enam tahun kemudian, rencanya juga akan dilakukan pembangunan tahap berikutnya untuk meningkatkan volume kargo menjadi 573 juta ton, hampir lima persen dari jumlah perdagangan maritim dunia. 


Direncanakan bahwa Terusan Nikaragua akan jauh lebih besar lebih dalam dan lebar yang dibangun sepanjang 278km (172 mil) dan pembangunannya dilakukan oleh perusahaan China yang telah dimulai pada tahun 2014 lalu yang diperkirakan menelan biaya sebesar $ 50 miliar (£ 32bn), canal ini juga dikatakan akan tiga kali lebih panjang daripada terusan Panama. Nikaragua tidak saja berkeinginan untuk mendapatkan masukan dari bea transportasi barang, tapi juga untuk meciptakan 600.000 lapangan kerja baru. Nikaragua menjamin bahwa proyek terusan milik mereka tidak akan menjadi saingan bagi terusan Panama, tapi diharapkan sebagai pendukung bagi pertumbuhan perdagangan maritim.

0 comments: