Saturday 1 October 2016

15:02:00

The Asaro "lumpur pria" dari dataran tinggi timur Papua Nugini dikenal karena topeng tanah liat menjijikkan mereka dihiasi dengan gigi dan kerang babi '.

Empat dari mereka telah melakukan perjalanan ke Museum Australia Sydney untuk exibition baru, di mana Ian Lloyd Neubauer menemukan lebih lanjut tentang masker dan orang-orang di belakang mereka.

Dengan kulit mereka dicat putih, jari bambu memanjang, dan tentu saja topeng menakutkan, empat pria lumpur - yang belum pernah meninggalkan dataran tinggi Papua Nugini sebelum - berada di Museum Australia selama seminggu sebagai "seniman di kediaman" karena membuka baru pria lumpur permanen pameran.

Museum ditugaskan Klinit Berry, mantan administrator di Universitas Goroka di Papua New Guinea (PNG), untuk melakukan perjalanan ke dataran tinggi timur untuk menemukan Asaro seniman topeng yang mungkin tertarik untuk mengambil bagian.


Bagaimana orang-orang lumpur mulai

Tanpa sejarah tertulis, tidak ada cara penentuan ketika Asaro mulai membuat topeng, meskipun diyakini praktek telah ada selama empat generasi. Ms Berry memiliki satu cerita tentang asal-usul topeng.

"Salah satu Asaro menikah dan semua orang mengenakan kostum tradisional mereka," katanya.

"Tapi satu orang punya kostum, jadi dia mengambil bilum tua (tas string), dipotong dua lubang untuk mata, mencelupkannya lumpur dan juga menutupi kulitnya dengan lumpur, dan itu kostumnya. Tapi ketika ia tiba di pernikahan, semua yang lain mengira dia adalah hantu dan jadi bukan merayakan, mereka melarikan diri. "

Reaksi para tamu pernikahan ', Ms Berry terus, memberi orang itu ide tentang bagaimana untuk mencetak gol yang menentukan kemenangan dalam perang suku yang berlarut-larut dengan suku tetangga.

Dia meyakinkan saudaranya dan teman-temannya untuk menyamarkan diri dengan masker dan lumpur. "Jadi mereka menutupi diri dalam lumpur dan menyerang suku, dan itu adalah bagaimana mereka menang. Musuh mengira hantu datang dan mereka lari tanpa menembakkan panah tunggal."

Salah satu pria topeng adalah subsisten petani 29 tahun Kori, yang kontak pertama Ms Berry di Desa Komunive.

"Ketika dia pertama kali datang untuk mengunjungi dan bertanya tentang ritual topeng-membuat, saya pikir dia ingin membawa wisatawan ke desa kami untuk menonton kami tari dan membeli oleh-oleh," kata Kori. Tapi Komunive bukan satu-satunya desa di PNG mana wisatawan pergi untuk melihat laki-laki lumpur. Konsep tersebut telah menjiplak oleh puluhan suku-suku lain untuk keuntungan komersial.

Sementara pada tugas di PNG pada 2013, saya dibawa ke sebuah desa bernama Pogla mana saya melihat tarian pria lumpur dan diberitahu cerita asal identik. Plagiarisme dan komersialisasi legenda, Kori menjelaskan, merupakan masalah besar bagi keturunan sebenarnya dari pria lumpur.

"Pemerintah tidak mengakui atau melindungi hak kepemilikan kami dan semua orang di dataran tinggi sekarang mengaku sebagai seorang lumpur," katanya. "Tapi itu cerita kita dan orang lain telah disalin dari kami. Ini adalah kekhawatiran besar bagi kami karena kami tidak memiliki perlindungan hak cipta."

Jim adalah anggota tertua dari kuartet, meskipun ia tidak tahu bagaimana tepatnya umurnya, hanya itu dia berusia lima puluhan.

Pertama kali ia mengenakan masker lumpur adalah di tahun 1976 Goroka Show, tari tahunan dikandung pada tahun 1950 oleh petugas patroli Australia untuk memberikan kesempatan bagi suku-suku terasing dan historis yang bertikai untuk berinteraksi dalam lingkungan yang damai.

"Awalnya saya takut topeng dan mereka yang memakai mereka, tapi ayah saya mengatakan kepada saya ini adalah budaya kita, Anda tidak boleh takut," kata Jim. "Sekarang itu adalah bagian dari saya dan saya senang atas kesempatan untuk datang ke sini untuk berbagi."

Dia menambahkan: "Saya tidak tahu apa yang diharapkan di Australia, tidak satupun dari kita yang pernah keluar dari dataran tinggi sebelumnya, jadi semuanya sangat menarik aku suka makanan, terutama ayam dan chip saya tidak bisa menjelaskan betapa bahagianya.. saya telah melihat sisi lain dari dunia. "


Pada 19, Kalo adalah anggota termuda dari kuartet.

"Saya datang ke sini untuk berbagi budaya orang-orang lumpur tapi saya tidak pernah membayangkan berapa banyak bunga akan ada dari masyarakat. Reaksi telah menakjubkan," katanya.

"Hari lain, ada seorang wanita tua di sini di kursi roda yang meminta saya untuk membuat masker untuk dia, jadi saya melakukannya.

"Setelah itu, dia memberi saya tiga ciuman di pipi dan menjabat tangan saya empat kali. Dia tidak akan meninggalkan sampai akhir dan itu membuat saya merasa sangat bahagia."

Museum ini mengatakan pameran permanen adalah untuk mempromosikan hubungan yang lebih erat antara masyarakat kedua negara.

"Dari titik terdekatnya, PNG hanya 45 menit berjalan kaki dari Australia Torres Strait Islands surut, tetapi kebanyakan dari kita tahu sedikit tentang hal itu," kata Yvonne Carrillo-Huffman, petugas koleksi museum.

Dan pekan ini topeng-making datang untuk menutup, mereka melihat buah dari keterlibatan ini.

"Sebelum saya datang ke sini hari ini saya tidak tahu apa-apa tentang pria lumpur," kata Riley Smith, salah satu mahasiswa muda membuat masker.

"Tapi sekarang aku tahu bahwa mereka hidup di bagian benar-benar jauh dari New Guinea dan mereka harus berjalan satu setengah jam dari desa mereka ke Sungai Asaro mana mereka mendapatkan tanah liat khusus yang tidak retak ketika mengering."


0 comments: